Kabupaten Muna Dikepung Banjir – Fajar
Daerah

Kabupaten Muna Dikepung Banjir

old.fajar.co.id, RAHA – Setelah Kota Kendari dan Buton Utara yang dikepung banjir, kini giliran Kabupaten Muna. Hujan yang mengguyur Kota Raha selama sehari membuat sejumlah kecamatan terendam banjir, kemarin.

Di Kecamatan Katobu misalnya, ada tiga kelurahan yang terendam air yakni, Kelurahan Laende, Raha II dan Wamponiki. Puluhan rumah di tiga kelurahan tersebut terendam air setinggi lutut orang dewasa. Begitu juga di Kecamatan Loghia, Batalaiworu dan Lasalepa.

Selain itu, di Batalaiworu, Markas Kodim 1416 Muna juga ikut tergenang. Prajurit TNI terlihat sibuk membersihkan ruangan. Wilayah tersebut setiap hujan menjadi langganan banjir.

Salah seorang anggota TNI Kodim 1416 Muna, Pelda Ipa Sabdar memaparkan, banjir mulai merendam wilayah Kodim dan ruas jalan menuju Desa Wakorambu, Kecamatan Batalaiworu sekitar pukul 08.00 Wita. Hal tersebut kata dia akibat tingginya curah hujan dan pasangnya air laut yang menyebabkan Sungai Labano meluap.

“Kalau yang di jalan itu saya lihat tadi ketinggiannya mencapai pusat orang dewasa. Kalau di dalam areal Kodim, ketinggian airnya hanya mencapai lutut orang dewasa,” ungkapnya.

BPBD Muna terlihat sigap dan langsung terjun kelokasi untuk membantu warga yang terkena musibah. La Ode Ikbar Rifai, Kepala BPBD Muna mengatakan, saat ini kondisi air dilokasi yang terendam sudah mulai surut. “Air sudah mulai surut,” katanya.

Menurutnya, banjir disebabkan akibat buruknya drainase. Untuk itu pihaknya sudah mulai melakukan langkah-langkah. “Kita mulai inventarisir lokasi-lokasi yang rawan bencana,” tandasnya. (Fajar/BP)

Most Popular

To Top