Coba-coba Orang Dewasa Pakai Tiket Bayi, Langsung Turun dari Kereta – Fajar
Nasional

Coba-coba Orang Dewasa Pakai Tiket Bayi, Langsung Turun dari Kereta

old.fajar.co.id, JAKARTA- Kebijakan tiket gratis untuk anak di bawah umur tiga tahun (batita) alias tiket infan diharapkan tidak menjadi celah bagi penumpang yang ingin melakukan mudik secara hemat.

Vice President Humas KAI, Agus Komarudin, menegaskan pihaknya bakal memberikan sanksi tegas kepada calon penumpang yang nekat menggunakan tiket infan untuk mendapat mudik gratis. KAI bahkan akan menurunkan penumpang dewasa yang kedapatan menggunakan tiket infan.

“Tentunya kami akan eksekusi untuk diturunkan,” ujarnya saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (23/6).

Agus menambahkan demi kenyamanan mudik, dirinya menyarankan agar pengguna jasa kereta api untuk mematuhi aturan yang berlaku dengan tidak mengupayakan cara-cara nekat seperti mengunakan tiket infan agar mendapat mudik gratis. Sebab pihaknya akan melakukan pemeriksaan  terhadap penumpang yang menggunakan tiket infan.

“Kalau terjadi di lapangan nanti ada pemeriksaan dan sebagainya tidak jadi berangkat nanti yang pemudiknya. Jadi Infan itu jelas usia di bawah 3 tahun, tapi tidak bayar gratis. Tapi bila melebihi 3 tahun harus beli tiket dewasa dan itu harus menunjukkan kartu keluarga,” ujar Agus.

Terkait kasus penumpang yang mengunakan tiket infan, Agus menjelaskan hingga saat ini masih dalam hitungan jari. Namun tidak menutup kemungkinan angka penumpang yang nekat mengunakan tiket infan bakal bertambah. Sebab ada saja informasi yang menyarankan agar penumpang mengunakan tiket infan untuk mudik hemat.

“(Pakai tiket infan) itu kan dari mulut ke mulut ya, nah itu yang kami khawatirkan. Makanya perlu dilakukan pencegahan dini sebelum banyak calon penumpang yang memanfaatkan tiket infan. Jadi kami imbau kepada calon penumpang agar tetap mematuhi aturan yang berlaku,” pungkasnya. [zul]

Most Popular

To Top