Meriah! Pawai Takbiran, Peserta Dilarang Bawa Mercon – Fajar
Daerah

Meriah! Pawai Takbiran, Peserta Dilarang Bawa Mercon

old.fajar.co.id, BALIKPAPAN – Pemkot Balikpapan akan menggelar pawai takbiran keliling menyambut Idulfitri 1438 Hijriah. Kegiatan yang dikemas dalam Gema Takbir itu merupakan agenda tahunan yang ke sekian kalinya diselenggarakan di oleh Badan Pelaksana Hari Besar Islam (BPHBI) Balikpapan.

Pawai takbir keliling akan diikuti lembaga dakwah dan instansi lainnya. Ketua BPHBI Muhammad Jailani berharap, kegiatan pawai takbir keliling tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya. “Kegiatan itu bukan hanya bernilai syiar, namun juga mampu menjadi daya tarik pariwisata di Balikpapan,” ujar Jailani, kemarin.

Sekretaris MUI Balikpapan itu menjelaskan, kegiatan dipusatkan di Lapangan Merdeka. Pawai akan melintasi jalan-jalan protokol yang nantinya diatur oleh Satlantas Polres Balikpapan. Pawai takbir keliling diharapkan dapat menyatukan kendaraan yang akan menggelar takbir keliling dengan kendaraan di jalan-jalan Balikpapan. Selain tertib juga akan menjadi lebih meriah.

“BPHBI Balikpapan bekerja sama dengan lembaga dakwah dan instansi terkait mengajak semua potensi masyarakat muslim Balikpapan. Bersama-sama mengikuti Pawai Takbiran Mobil Hias Islami Keliling Kota Balikpapan yang akan dilaksanakan pada malam Hari Raya Idulfitri nanti,” harapnya.

Setidaknya, terdapat beberapa aturan yang diberlakukan bagi peserta pawai. Di antaranya, peserta pawai menggunakan kendaraan roda empat yang dihias dengan nuansa islami. Dan dilengkapi dengan pengeras suara. Seluruh peserta pawai berkumpul di Lapangan Merdeka Balikpapan pada malam hari raya pukul 20.00 Wita. Dianjurkan dapat melaksanakan salat Isya berjamaah di Masjid Istiqamah Balikpapan.

Seluruh peserta pawai melaporkan kehadirannya di tempat berkumpul untuk mendapatkan nomor peserta pawai. Selanjutnya, seluruh peserta pawai takbiran tidak diperkenankan atau dilarang membawa sajam, petasan, mercon, dan sejenisnya. Dilarang membawa spanduk yang bertemakan politik dan atribut sejenis lainnya. Dilarang berteriak yel-yel selain takbir, tahmid, dan tahlil yang mengagungkan Allah SWT. (Fajar/JPG)

Most Popular

To Top